Wisata Taman Purbakala Tangga Seribu Sumpang Bita

Sumpang Bita bagi kalangan arkeologi dan antropologi tentu bukan tempat yang asing lagi. Kalangan inilah yang intens mendatangi tempat ini, bahkan hingga ke titik tertinggi di Gua Sumpang Bita.

Untuk menjangkau Gua Sumpang Bita yang menyimpan saksi kehidupan masa purbakala, butuh tantangan ekstra. Betapa tidak, jarak antara lembah sebagai gerbang awal Sumpang Bita dengan gua, sekitar 1000 meter.

Gua Sumpang Bita tidak seperti gua pada umumnya. Gua ini memiliki keunikan dan menjadi taman purbakala yang menyimpan saksi dan bukti-bukti peradaban manusia saat masih nomaden alias masih berpindah-pindah.

Masyarakat zaman prasejarah menggunakan Gua Sumpang Bita sebagai tempat tinggal sekaligus melakukan ritual. Bukti-bukti bisa dijumpai di dalam gua seperti lukisan yang menguatkan bahwa kawasan ini merupakan area perlindungan bagi kaum nomaden.

Peninggalan lukisan di dinding gua petunjuk bahwa manusia pada saat itu memiliki peradaban dan budaya terutama dalam hal penuangan deskripsi inderawi ke dalam asosiasi atau media.

Di dinding gua, terdapat aneka lukisan yang bernilai sejarah seperti hewan, bagian tubuh manusia, dan peralatan lain yang telah dipagari sekelilingnya. Lukisan didominasi gambar tangan berbagai ukuran, mulai tangan anak-anak hingga orang dewasa. 

Jumlahnya mencapai puluhan lukisan. Ada juga lukisan hewan menyerupai babirusa, yakni jenis rusa yang perutnya menyerupai babi serta perahu. Mayoritas lukisan berwarna merah yang menurut Hasil penelitian ada yang menyebutkan bahwa bahan dasar pembuatan lukisan diambil dari bahan-bahan alami.

Untuk sampai ke Sumpang Bita, tidaklah begitu sulit. Dari Makassar kita menuju Pangkajene, Kabupaten Pangkep, lebih kurang satu setengah jam perjalanan dengan kendaraan roda empat, selanjutnya kita hanya butuh waktu sekitar setengah jam sebelum akhirnya sampai di Kelurahan Balocci Baru, Kecamatan Balocci.

Jarak dari Pangkajene ke Balocci Baru hanya sekitar 20 kilometer. Untuk sampai ke kawasan Sumpang Bita, setidaknya harus menempuh jarak lagi kurang lebih dua sampai tiga kilo meter perjalanan.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments